Tips Membersihkan cumi

1.   Ketika membersihkan cumi, sebenarnya ada dua hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu membuang tinta dan membersihkan kotorannya.
2.   Saat membersihkan cumi, pastikan Anda berada di dekat pancuran atau bak cuci denganair mengalir. Gunakan pisau tajam dan siapkan wadah untuk menyimpan cumi yang sedang dibersihkan.
3.   Tarik kepala cumi dan semua isi perutnya termasuk kantong tinta. Lakukan secara perlahan untuk mencegah kantong tinta pecah di dalam. Anda bisa menyimpan tintanya untuk digunakan sebagai pewarna atau memasaknya sebagai saus untuk disajikan dengan cumi yang dimasak.
4.   Potong lipatan-lipatan seperti sayap pada kedua sisi tubuh cumi, lalu sisihkan. Selanjutnya, kupas bagian tipis dari kulit ari yang menutupi tubuh cumi dengan hati-hati.
5.   Untuk menyederhanakan pencucian cumi yang baru saja dibersihkan, Anda dapat membalikkan bagian tubuh cumi yang berongga agar lebih mudah dibersihkan. Setelah bersih, balik lagi dan siap untuk dipotong.
6.   Kalau Anda sudah membersihkan cumi dan menyimpannya di freezer, pastikan cumi sudah dicairkan selama beberapa jam di kulkas sebelum diolah.
7.   Jika Anda tidak berniat untuk langsung mengolahnya, Anda dapat menyimpannya dalam wadah atau plastik tertutup, lalu masukkan ke dalam freezer. Menyimpan di freezer memungkinkan Anda dapat mengolahnya dalam 2 bulan ke depan.

Sangat mudah kan membersihkan dan menyiapkan cumi? Sekarang, tentu Anda sudah tahu harus masak apa untuk menu keluarga Anda hari ini. Selamat mencoba!

Sumber :
royco.co.id

Comments
Comments