Tips Membuat kaldu udang untuk sup

Membuat Kaldu Udang Sedap untuk Sup

Saat cuaca dingin, menyantap makanan hangat dan berkuah tentu merupakan hal yang menyenangkan. Selain lebih hangat dan nyaman, dengan makan sup yang bergizi, tubuh pun jadi lebih sehat. Beragam resep tentang cara membuat sup mungkin sudah Anda kuasai, tapi apakah kaldu sup yang Anda buat rasanya sudah luar biasa atau masih biasa saja?

Kaldu merupakan bagian yang paling penting dalam sup. Kaldu sup yang mantap adalah kaldu yang memiliki warna yang pekat dan tekstur yang kental. Biasanya, sup dibuat dengan kaldu sapi atau ayam. Jarang sekali sup dibuat dengan kaldu udang, padahal kaldu yang terbuat dari udang lebih sehat daripada daging karena mengandung sedikit lemak namun kaya akan omega-3 dan omega-6.

Tidak perlu membuat kaldu dari penyedap rasa udang karena Anda bisa membuatnya dari kulit udang, lho. Selain lebih sehat, kaldu udang yang dibuat sendiri tentu lebih sedap. Penasaran bagaimana cara membuat kaldu udang? Simak saja berikut ini.

1. Kupas udang jenis apa saja, lalu simpan dagingnya untuk masakan yang lain. Kulit, kaki-kaki, ekor, dan kepala adalah bagian udang yang akan dibuat menjadi kaldu.
2. Sebagai penambah kenikmatan rasa kaldu, siapkan juga bawang bombay, seledri, wortel, daun bawang, dan bawang putih. Potong sayuran dengan ukuran yang besar-besar dan tebal. Untuk bawang putih tidak usah dipotong, cukup digeprak saja.
3. Tumis kulit udang di dalam wajan yang sudah diolesi mentega atau minyak goreng agar rasa kaldunya semakin kuat. Setelah ditumis sampai harum, tambahkan air dan mulai proses perebusan.
4. Masukkan bawang bombay, seledri, wortel, daun bawang, dan bawang putih yang sudah dipotong besar-besar ke dalam rebusan kulit udang. Kemudian, rebus selama 30-60 menit.
5. Saat proses perebusan, lemak berupa buih-buih putih akan muncul ke permukaan air rebusan. Buang buih-buih tersebut dengan spatula dan lakukan hingga air kaldu bebas dari buih-buih lemak. Jika proses merebus telah selesai, ambil kuah kaldunya dengan menyaring hasil rebusan di dalam panci.
6. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan memasak sup dengan kaldu udang tersebut atau menyimpan cairan kaldu di dalam freezer untuk digunakan di lain hari.
7. Sebenarnya kulit udang tersebut masih dapat digunakan lagi hingga tiga bulan ke depan. Caranya, simpan kulit udang di dalam wadah yang tertutup rapat, lalu bekukan di dalam freezer.

Anda bisa mengkreasikan kaldu udang tersebut dengan bahan-bahan masakan favorit Anda seperti jamur, sayuran hijau, ayam, atau ikan untuk menghasilkan hidangan yang luar biasa.


Sumber: http://www.foodnetwork.com/recipes/emeril-lagasse/shrimp-stock-recipe3/index.html
http://fishcooking.about.com/od/soupsstewsstocks/ht/How-To-Make-A-Quick-Shrimp-Stock-Easy-Seafood-Stock-Recipe.htm
http://www.deepsouthdish.com/2010/09/how-to-make-homemade-shrimp-stock.html
royco.co.id

Comments
Comments