Tips Mengolah Tulang Sapi untuk kaldu

Walaupun sama-sama terbuat dari rebusan tulang, kaldu sapi dan kaldu ayam memiliki rasa dan tampilan yang berbeda. Keduanya dapat diolah menjadi berbagai sajian yang berbeda. Kaldu dari tulang sapi biasanya lebih cocok diolah dengan sup daging atau bakso, sedangkan kaldu dari tulang ayam lebih cocok diolah dengan sajian yang memiliki rasa yang lebih lembut seperti sup sayuran, mie, atau sup ayam. Sebelum belajar cara membuat bakso yang sedap, ada baiknya Anda menyimak cara agar kuah bakso buatan Anda semakin mantap. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda membuat kaldu dari tulang sapi:
1.    Anda bisa langsung merebus tulang sapi dengan sedikit daging untuk membuat kaldu sapi yang berwarna lebih terang. Sedangkan untuk kaldu sapi berwarna agak gelap, Anda harus memanggang tulang sapi dalam oven selama beberapa saat sebelum direbus.
2.    Untuk kaldu sapi yang lezat, pilihlah tulang yang memiliki sumsum serta jaringan ikat. Tulang sapi seperti ini biasanya akan mengeluarkan rasa yang lebih kuat.
3.    Bersihkan tulang dan daging dari sisa darah, lemak, dll hingga sempurna agar kaldu terlihat bersih dan jernih.
4.    Kaldu yang terbuat dari tulang sapi yang dipanggang dulu dalam oven biasanya lebih beraroma dan memiliki rasa sedikit manis yang muncul dari karamelisasi daging dan tulang saat dipanggang.
5.    Bila Anda akan memanggang tulang dan daging dulu sebelum direbus, usahakan agar tulang dan daging tidak gosong. Sedikit karamelisasi saja sudah cukup untuk memperkuat rasa kaldu. Tulang dan daging yang gosong justru akan membuat kaldu terasa pahit.
6.    Saat membuat kaldu, rebus tulang sapi sampai kaldu berwarna coklat kemerahan. Setelah kaldu siap, jangan lupa menyaring kaldu untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
7.    Bila Anda menambahkan sayur untuk menambah rasa kaldu sapi, sayur tidak perlu dipotong terlalu kecil, karena tulang perlu direbus sekitar 6-8 jam untuk membuat kaldu sapi.
8.    Jika Anda menginginkan rasa dari tulang semakin keluar, Anda disarankan untuk memotong tulang dalam ukuran agak kecil, yaitu berukuran sekitar 10 cm. Tapi bila Anda tidak memiliki waktu, tulang dalam ukuran besar saja sudah cukup untuk kaldu yang lezat.
9.    Gunakan api kecil saat merebus tulang, lalu buang buih yang muncul di permukaan kaldu selama tulang direbus.
10.    Gunakan air dingin saat hendak merebus tulang dan jangan rebus tulang mentah dengan kaldu yang sudah mendidih. Sebaliknya, kaldu yang sudah jadi juga sebaiknya tidak dicampur dengan air dingin, karena rasa kaldu akan berubah dan kaldu menjadi mudah basi.

Setelah Anda ‘ahli’ membuat kuah kaldu yang lezat, Anda pun semakin bebas mengkreasikan kuah kaldu tersebut menjadi berbagai masakan nikmat. Bakso? Sup iga? Sup buntut? Tinggal pilih saja!
 
 
Sumber:
http://www.goodhousekeeping.co.id/2013/02/18/cara-mengolah-kaldu-sup/
http://female.kompas.com/read/2009/07/11/12022579/tips.membuat.kaldu
http://www.sfgate.com/food/article/STOCK-TIPS-3237449.php#page-3
http://www.chatelaine.com/recipes/chatelainekitchen/how-to-make-the-best-soup-stock/
royco.co.id

Comments
Comments